Wednesday, 25 November 2015

Jan Dara The Beginning (2012) - Selamat datang di Rumah Mesum!

22:22:00


Adaptasi novel erotis klasik Thailand karya Utsana Phlengtham yang berjudul The Story of Jan Dara diangkat ke layar lebar lagi. Rasanya belum lama kita menyaksikan versi tahun 2001 lalu yang cukup menggetarkan syahwat itu.

Versi kali ini memasang superstar Thailand yang makin menanjak karirnya yaitu Mario Maurer. Sejak membintangi film puber The Love of Siam saat masih ABG, karir bintang peranakan China dan Jerman ini makin meroket.

Berbeda dengan versi 2001, Jan Dara yang memakai embel-embel The Beginning ini hanya bercerita dari Jan Dara lahir hingga akhirnya meninggalkan rumah. Dengan begitu, cerita masing-masing tokoh bisa dengan leluasa dieksplorasi.

Dengan sedikit polesan di sana-sini, Jan Dara The Beginning masih mengisahkan kisah Jan Dara di rumah besar yang penuh nafsu bejat. Ibu Jan meninggal dunia saat melahirkan dirinya sehingga sang ayah membencinya setengah mati. Jan terus menerima cacian dan siksaan hingga besar sementara sang ayah melampiaskan nafsu bejatnya ke banyak perempuan. Salah satu perempuan yang dinikahi sang ayah ternyata sangat sayang padanya, walau nanti putrinya yang manja sangat membenci Jan Dara.

Jan Dara dan Ken, putra pembantu, berteman akrab. Ken yang seorang playboy kampung dan pandai berkelahi mengajari Jan dunia penuh nafsu birahi yang tak pernah usai. Untungnya, Jan Dara tidak terlalu terpengaruh. Di sela-sela hinaan dan perlakuan tidak adil dari sang ayah, Jan Dara tetap berkuliah dan bertemu gadis cantik yang dia sukai.

Saudari tiri Jan, Kun yang kerap mengintip aktifitas bejat Ken diam-diam menyukai Ken. Hingga suatu ketika Ken dan Kun melakukan hubungan intim dan Jan memergokinya. Dengan lihai, Kun yang culas menuduh Ken memperkosanya. Ayah Jan Dara ngamuk dan berujung Jan Dara dan Ken pergi dari rumah tersebut. Film ditutup dengan adegan Jan dan Ken kembali bersahabat dan meninggalkan kota di antar oleh ibu Ken dan ibu tiri Jan Dara yang baik hati.

Bagi yang telah menonton Jan Dara versi 2001, The Beginning seolah versi upgrade nya saja. Dalam artian, bintang-bintang yang terlibat lebih putih bersih dan seksi dibanding versi sebelumnya. Para pemainnya nampak tidak memperlihatkan kecantikan dan ketampanan khas Thailand di versi sebelumnya. Semua pemainnya memang bermain berani buka-bukaan, baik aktor dan aktrisnya, namun nampaknya tidak bagi Mario Maurer. Kecuali memang belum saatnya bermain berani di jilid pertama ini, rasanya aktingnya sangat hambar.

Bicara soal akting, nampaknya versi terdahulu jauh lebih unggul. Selain menjual wajah fresh, Jan Dara The Beginning terselamatkan oleh banyaknya adegan-adegan ranjang sepanjang film. Sayangnya, seperti yang di bilang sebelumnya, Mario Maurer bermain kaku di sini, padahal dia adalah pemeran utama yang menjadi tumpuan cerita. Sementara Chaiyapol Julian Pupart yang memerankan Ken jauh lebih berwarna dan yang jelas lebih beruntung karena dia mendapat jatah screen time jauh lebih banyak untuk mencicipi tubuh lawan-lawan mainnya. Tak heran, perannya yang tidak pernah mengenakan baju membuat Chaiyapol leluasa memamerkan dada dan sixpacknya sepanjang film. Jadi bisa dibilang dialah scene stealer dalam film ini.

Perfilman Thailand memang berbeda dengan perfilman kita, jadi jangan bertanya-tanya mengapa hampir semua bintang di film ini berani beradegan mesum. Lagipula film ini adalah adaptasi sebuah novel cabul juga. Sambil menunggu jilid selanjutnya, sebaiknya anda menonton Jan Dara versi terdahulu yang lebih lengkap ceritanya, dan tentu dengan bintang-bintang yang lebih khas Thailand. Kita lihat apakah Mario Maurer tampil lebih berani dari Chaiyapol di jilid berikutnya.

Hollywoof! thinks this film just deserves a B-

Memorable scene: Seharusnya adegan Jan Dara mengoleskan es batu ke tubuh selir ayahnya yang dijadikan poster film ini menjadi memorable, namun sayangnya sangat flat dan tidak menarik seperti versi sebelumnya. Jadi, memorable scene di film ini harus di rebut oleh semua adegan mesum Ken. The bathing scene is the best one.

Jan Dara The Beginning
Genre        :    Drama
Sutradara    :    Bhandevanov Devakula
Penulis        :    Bhandevanov Devakula
Pemain        :    Mario Maurer, Bongkot Kongmalai
Durasi        :    90 menit
Adaptasi    :    Novel karya Utsana Phlengtham, The Story of Jan Dara


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 komentar:

  1. Salah satu film kesukaan ane gan. ijin sedot gan. masih tahap belajar ngeblog soalnya. http://mysinopsisfilm.com/ silahkan berkunjung gan, dan nerima kritik dan sarannya..

    ReplyDelete

 

© 2013 Hollywoof! . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top